Cara Mengurangi Memory Usage Yang Tinggi di Windows




Sering mengalami memory usage pada PC/laptop kalian tinggi ? Biasanya karena pemakaian memory yang tinggi kinerja PC/laptop akan menurun drastis karena akan sering delay/lag saat digunakan.

Berikut saya berikan beberapa tips memory usage yang tinggi :
1. Disable aplikasi yang berjalan di Startup via Taskmanager.
Di Taskmanager kalian bisa mengakses fitur Startup, fitur ini berfungsi untuk mengelola aplikasi apa saja yang di ijinkan untuk running secara otomatis ketika PC/laptop dihidupkan.
Teman-teman bisa cek aplikasi apa saja yang menurut teman-teman tidak diperlukan untuk running ketika PC/laptop menyala dan tetap membiarkan beberapa aplikasi penting tetap running seperti Windows Security notification, dll.

2. Mengaktifkan Metered Connection ketika terhubung ke WiFi.
Mungkin teman-teman tidak tahu bahwa secara default ketika PC terhubung ke jaringan WiFi akan melakukan Update Windows dan menginstall update tersebut ketika selesai di Download. Proses Download dan Install update tersebut akan membuat memory usage kalian tinggi. Untuk mengakali hal ini kalian cukup mengaktifkan fitur Metered Connection pada WiFi kalian dan berikut caranya :
a. Buka menu wifi kalian dan klik Properties.
b. Setelah itu cari Metered Connection dan aktifkan fitur tersebut.
Fitur metered connection ini biasanya digunakan untuk membatasi beberapa fitur windows seperti salah satunya auto update windows tidak berjalan ketika terhubung dengan internet via WiFi.


3. Melakukan penambahan RAM.
Ini adalah opsi terakhir jika cara diatas sudah dilakukan dan tetap mengalami kendala tersebut. Dikarenakan Windows versi terbaru menghadirkan banyak fitur akan tetapi tentu pemakaian RAM pun juga akan bertambah sehingga untuk PC/laptop yang memiliki RAM bawaan cukup kecil seperti 4GB akan menjadi sangatlah tidak memadai.
Sehingga opsi yang paling baik adalah melakukan penambahan kapasitas RAM dan yang paling ideal melakukan penambahan sebesar 4GB sehingga total RAM yang dimiliki berjumlah 8GB.

Sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan teknisi komputer didaerah kalian RAM dengan spek seperti apa yang dibutuhkan pada PC/laptop kalian karena tiap perangkat biasanya berbeda spek RAM yang dibutuhkan.

Kotak Komentar Tidak Muncul ?
Harap Login ke Akun google anda lalu Refresh kembali halaman ini sampai kotak komentar muncul.
Menemukan ERROR Blog ? ►►Silahkan Ke Sini ◄◄|SARAN & MASUKAN ? ►► Silahkan Ke Sini ◄◄
►► PERATURAN BERKOMENTAR ◄◄ ConversionConversion EmoticonEmoticon